Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Friday 13 February 2015

Keuntungan Penggunaan Pestisida Organik untuk Budidaya Sayuran dalam Karung

Ibu Siti Mahmudah - Keuntungan Penggunaan Pestisida Organik untuk Budidaya Sayuran dalam Karung - Go organic! Mari kita kembangkan pertanian organik yang ramah lingkungan dan sehat serta aman.

Banyak petani yang mengatakan bahwa pestisida kimia ampuh untuk membasmi hama dan penyakit tanaman. Hal itu jika dilakukan dengan takaran yang tepat. Namun kenyataanya banyak petani yang kurang memahami tentang aturan main menggunakan pestisida kimia ini, sehingga bukan membasmi hama dan penyakit tanaman, justru malah membuat mereka kebal terhadap obat tersebut.

Bahkan penggunaan obat-obatan kimiaw secara terus-menerus dapat merugikan bagi kelestarian alam dan kehidupan manusia. Sisa-sisa obat atau residu yang tertinggal pada lahan pertanian akibat penggunaan pestisida kimia telah menyebabkan kerusakan alam yang parah. Buktinya, dahulu di sawah desa kami, mudah sekali ditemuakan belut, namun sekarang sangat susah, itu karena belut tidak bisa berkembang biak dengan baik di alam.

Belum lagi efek samping bagi kesehatan manusia.

Alasan di atas yang mendorong kami untuk melakukan budidaya cabe dan sayuran di halaman rumah secara organik. Bukan hanya media tanam dan pupuknya saja yang organik, kami juga menggunakan pestisida organik sebagai pengusir hama dan tanaman.

Keuntungan Penggunaan Pestisida Organik untuk Budidaya Sayuran dalam Karung

Untuk cara membuat pestisida organik bisa dibaca pada postingan sebelumnya, yaitu Cara Membuat Pestisida Organik Tembakau Daun Pepaya Puntung Rokok.

Penggunaan pestisida organik memberikan banyak keuntungan bagi kita. Berikut ini keuntungan penggunaan pestisida organik untuk budidaya sayuran:

Keuntungan Penggunaan Pestisida Organik untuk Budidaya Sayuran dalam Karung
  1. Penggunaan pestisida nabati aman dan tidak merusak alam.
  2. Terbuat dari bahan-bahan yang alami yang murah.
  3. Sisa-sisa bahan atau residu penggunaan pestisida organik dapat dengan cepat dan mudah terurai di alam.
  4. Daur ulang penggunaan pestisida organik di alam justru berdampak baik bagi kelestarian alam, limbah pestisida organik sekaligus dapat digunakan sebagai pupuk.
  5. Menghemat biaya produksi.
  6. Bahan-bahan pembuatan pestisida nabati tersedia di alam dan dengan mudah bisa kita dapatkan karena bahannya berupa tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah dilingkungan kita, misalnya daun pepaya, sirsak, kipahit, sambiloto, dll. Bagian tanaman yang digunakan untuk membuat pestisida organik biasanya memiliki karakteristik yang unik, seperti rasa pahit pada tanaman jarak, daun pepaya, dan daun tembakau, rasa pedas pada cabai, atau rasa unik lainnya yang ada pada daun sirih, bawang putih, daun cengkeh, kluwek dan tanaman lainnya.
  7. Cara pembuatan pestisida nabati sangat mudah dan sederhana, bisa dibuat sendiri dengan peralatan yang sederhana.
  8. Aman terhadap lingkungan.
  9. Karena bahan-bahan pestisida organik yang terbuat dari alam dan diolah untuk kembali digunakan pada alam, maka sangat aman terhadap lingkungan.
  10. Karena sifatnya yang menangkal serangan hama, serta menghambat perkembangbiakannya, pestisida nabati tidak memiliki dampak yang merusak lingkungan.
  11. Tidak menyebabkan kekebalan hama.
  12. Penggunaan pestisida organik yang sifatnya alami tidak akan membuat hama menjadi resisten, karena sifatnya yang menangkal serangan hama dan menghambat perkembangbiakannya. Sehingga sifat asli dari hama dan serangga akan tetap bertahan dan bisa dengan mudah dikendalikan.
 
Keuntungan Penggunaan Pestisida Organik untuk Budidaya Sayuran dalam Karung
 
Pestisida organik lebih bersifat mencegah. Hama yang terkena pestisida organik bisa berakibat:
  1. Menjauh dari tanaman karena baunya yang menyengat dan tidak mau mendekat lagi.
  2. Tidak mau memakan tanaman karena rasanya yang tidak disukai.
  3. Akan mandul ketika memakannya.
  4. Atau dapat langsung mati ketika terkena pestisida organik.
Tuhan telah menciptakan alam ini dengan sempurna. Segala penyakit ada obatnya. Tinggal bagaimana manusianya saja, mau cara alami atau cara instan, yang akhirnya bisa merugikan manusianya sendiri.
 
 
Demikian Keuntungan Penggunaan Pestisida Organik untuk Budidaya Sayuran dalam Karung, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Keuntungan Penggunaan Pestisida Organik untuk Budidaya Sayuran dalam Karung

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar