Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Tuesday, 11 November 2014

Pentingnya Berbicara Secara Efektif dalam Dunia Bisnis

Pentingnya Berbicara Secara Efektif dalam Dunia Bisnis - Berbicara Efektif - Seseorang yang pekerjaannya selalu berkaitan dengan dunia bisnis, haruslah mampu menyampaikan pikirannya kepada orang lain secara efektif dan benar, agar apa yang disampaikan itu dapat diterima oleh orang lain dengan baik serta mencapai sasaran yang diinginkan. Apalagi bagi mereka yang memang tugasnya selalu berhadapan dengan pelanggan. Bagaimana seseorang dapat berbicara efektif, ia harus memahami prinsipprinsip dan teknik berbicara.

Sebelum memulai pembicaraan, hendaklah harus mempunyai persiapan yaitu dengan cara mengemas pesan/mengemas apa yang akan dibicarakan. Persiapan ini akan mempermudah penyampaian pesan. Persiapan dimaksud sangat berguna, untuk menghindari penyampaian pesan yang tidak sesuai/sempurna, serta dapat mempertinggi keyakinan pada diri pembicara, karena kadang-kadang diantara para komunikan/pendengar biasanya ada juga yang menguasai materi yang disampaikan.

Pentingnya Berbicara Secara Efektif dalam Dunia Bisnis

5 kaidah komunikasi efektif yang harus kita pahami jika ingin berbicara dengan efektif, yaitu REACH (Respect, Empathy, Audible, Clarity dan Humble), yang berarti merengkuh atau meraih. Ada keyakinan bahwa komunikasi itu pada dasarnya adalah upaya bagaimana meraih perhatian, cinta kasih, minat, kepedulian, simpati, tanggapan, maupun respons positif dari orang lain. Lima kaidah tersebut berfungsi sebagai fondasi untuk mengembangkan kemampuan berbicara di depan publik, yaitu: Respect, sebagai kaidah pertama dalam komunikasi secara efektif khususnya dalam berbicara adalah sikap hormat dan sikap menghargai terhadap lawan bicara/pendengar anda. Empathy, kaidah kedua adalah empati, yaitu kemampuan untuk menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain.

Audible, sebagai kaidah ketiga yaitu dapat didengarkan atau di mengerti dengan baik. Clarity, kaidah keempat adalah kejelasan dari pesan yang disampaikan, sehingga tidak menimbulkan multi interpretasi atau berbagai penafsiran yang berlainan. Dalam hal ini sangat tergantung pada mutu suara dan bahasa yang digunakan. Humble, sebagai kaidah kelimaadalah sikap rendah hati. Sikap ini merupakan unsur yang terkait dengan hukum pertama untuk membangun rasa menghargai orang lain, basanya didasari oleh sikap rendah hati yang dimiliki.

Dari pemahaman terhadap lima kaidah komunikasi, diharapkan seseorang dapat berkomunikasi lebih baik, terutama berbicara efektif dengan pihak lain, maka kita dapat menjadi komunikator yang baik dan pada akhirnya dapat membangun jaringan hubungan dengan orang lain yang penuh dengan penghargaan (respect).

Jangan lupa baca juga:
7 Tips Agar Dapat Berfikir Secara Positif
 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Pentingnya Berbicara Secara Efektif dalam Dunia Bisnis

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar