Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Thursday 20 November 2014

4 Syarat Sebuah Pelayanan Dikatakan Prima

4 Syarat Sebuah Pelayanan Dikatakan Prima - Bangsa Indonesia akan keragaman dan kehangatan yang tulus dalam bernegosiasi, selain memiliki keuletan, kepribadian, dan kesabaran yang tinggi dalam berusaha. Ini merupakan ketangguhan bangsa Indonesia yang perlu ditumbuh kembangkan secara sistematis, profesional, dan berkesinambungan dalam praktek bisnis. Semua ini dapat disinergikan dalam mutiara ‘Pelayanan Prima’ untuk menjawab tantangan globalisasi ekonomi.

Pada hakekatnya pelanggan itu tidak membeli produk, tapi mereka membeli pelayanan. Ini merupakan falsafah bisnis dalam upaya memberikan pelayanan yang prima. Pelayanan disini adalah pelayanan dalam segala bentuk kreasi dan manifestasinya. Untuk itu, mari kita belajar lebih banyak tentang para pelanggan kita agar kita dapat memberi pelayanan kepada mereka secara lebih baik di masa mendatang.

Dalam membantu pelanggan untuk mendapatkan pelayanan prima, sipemberi pelayanan harus dapat memenuhi harpn dan keinginan customer yang satu dan yang linnya berbeda. Untuk dapat memberikan pelayanan yang prima anda perlu mengetahui keinginan-keinginan mereka, pada saat berhubungan dengan anda.

4 Syarat Sebuah Pelayanan Dikatakan Prima

4 Syarat Sebuah Pelayanan Dikatakan Prima adalah sebagai berikut:

1. Senyum yang hangat

Setiap orang, kapan dan dimana dia berada, begitu melihat seseorang yang pertama dilihatnya adalah wajah. Oleh sebab itu berhati-hatilah degan ekspresi wajah anda. Untuk mendukung penampilan latihlah diri sendiri agar terbiasa menampilkan ekspresi wajah yang mampu menumbuhkan kesan menyenangkan.

Suatu senyum dapat merupakan alat yang ampuh untuk meraih simpati dari pelanggan, disamping menciptakan suasana keakraban dapat juga sebagai alat promosi yang efektif. Gerak bibir saat tersenyum harus benar-benar tulus, tidak dibuat-buat. Latihlah tersenyum didepan kaca, agar anda dapat melihat senyum yang termanis, hindari senyum yang menampakkan gigi karena ini tidak baik.

2. Sikap Bersahabat

Menciptakan hubungan baik dengan pelanggan dengan cara:
  • Greting, selalu memberi salam sebelum memulai pembicaraan.
  • Welcome, selalu mengucapkan selamat datang kepada pelanggan.
  • Help, selalu menawarkan bantuan kepada pelanggan, karena dengan demikian pelanggan merasa dihargai.
  • Bersikap ramah dan sopan dalam berbicara.
  • Jangan memotong pembicaraan pelanggan.
  • Selalu mengingat dan menyebut nama pelanggan pada saat berbicara.
  • Memberikan pelayanan terbaik dengan menunjukkan kesungguhan anda dalam membantu mereka.
  • Selalu menyempatkan diri untuk mengantar pelanggn sampai kepintu.
3. Pelayanan yang cepat dan memuaskan

Memberikan pelyanan kepada pelanggan perlu menerapkan cara yang tepat dan cepat sehingga pelanggan merasa puas.
  • Bersikap dalam kadaan siap menerima pelanggan, muka ceria, tempat kerja yang rapi dan bersih, seperti peralatan dan bahan siap untuk dipakai.
  • Sapalah pelanggan dan beri salam sesuai waktunya.
4. Informasi yang tepat, jelas dan akurat
  • Pada saat memberi informasi, hindarilah pertanyaan yang terlalu banyak. Beri kesempatan agar pelanggan dapat menyatakan keinginannya dengan bebas dan jangan memotong pembicaraan pelanggan, sehingga anda mempunyai kesempatan mengopservasi apa yang diinginkan pelanggan.
  • Bila anda kurang menguasai suatu masalah yang dihadapi, sebaiknya serahkan pada atasan atau rekan lain yang lebih menguasai, agar pelanggan yakin dan tidak kehilangan kepercayaan.
  • Hindari pilih kasih dalam memberikan pelayanan.
  • Berikan saran-saran atau petunjuk tentang keputusan dalam memilih jasa pelayanan yang diinginkan.
  • Berikan informasi yang akurat tentang fasilitas dan produk yang ada.
Jangan lupa baca juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : 4 Syarat Sebuah Pelayanan Dikatakan Prima

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar