Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Saturday 28 June 2014

2 Jenis Tanaman yang Wajib Kita Tanam di Halaman Rumah

Ibu Siti Mahmudah - 2 Jenis Tanaman yang Wajib Kita Tanam di Halaman Rumah - Hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh seorang ibu rumah tanggal adalah mengurus keperluan makanan dan kesehatan. Kedua hal tersebut biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Sebenarnya biaya dari kedua hal tersebut bisa kita tekan seminim mungkin jika kita tahu kiatnya. Untuk menekan biaya kedua hal itu sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh ibu-ibu di seluruh dunia jika memiliki kemauan dan tekad.

Kiatnya adalah dengan menanam 2 jenis tanaman wajib di halaman rumah kita. Memang tidak semua rumah memiliki halaman untuk menanam, namun 2 jenis tanaman ini tidak membutuhkan tempat yang luas. 2 jenis tanaman yang wajib kita tanam di halaman rumah kita itu adalah jenis tanaman:
  1. Warung hidup
  2. Apotik hidup
Warung hidup adalah tanaman yang ditanam di halaman rumah kita yang biasanya berupa tanaman yang kita butuhkan sehari-hari, misalnya sayuran dan buah-buahan. Warung adalah tempat yang menyediakan kebutuhan kita, sedangkan hidup adalah sesuatu yang bisa tumbuh berkembang biak, jadi warung hidup adalah pemanfaatan pekarangan rumah atau halaman rumah yang dapat menyediakan kebutuhan kita terutama kebutuhan dapur. Jenis tanaman warung hidup antara lain adalah cabe, tomat, bayam, terong, kangkung, dan sejenisnya.

2 Jenis Tanaman yang Wajib Kita Tanam di Halaman Rumah

Mengapa warung hidup wajib kita tanam? Seperti ulasan di atas, dengan menanam warung hidup, kita dapat mencukupi kebutuhan dapur kita akan sayuran dan buah-buahan, sehingga bisa menghemat pengeluaran kita. Bahkan jika kita tangani dengan serius, kita akan mendapat keuntungan ganda, yaitu kita bisa menjual sisa lebih hasil warung hidup untuk menambah uang saku kita.

Apotik hidup adalah jenis tanaman obat yang bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan kesehatan keluarga kita. Apotik adalah tempat untuk membeli obat, sedangkan hidup seperti uraian di atas, jadi apotik hidup adalah pemanfaatan pekarangan rumah atau halaman rumah yang dapat menyediakan kebutuhan kita terutama kebutuhan obat-obatan alami sebagai P3K. Jenis tanaman apotik hidup antara lain adalah jahe, lengkuas, kunyit, temu, kecombrang, kencur, sirih, serai, kumis kucing, dan sejenisnya.

2 Jenis Tanaman yang Wajib Kita Tanam di Halaman Rumah

Mengapa apotik hidup wajib kita tanam? Seperti ulasan di atas, dengan menanam aneka tanaman apotik hidup, kita dapat mencukupi keperluan P3K guna mengobati penyakit ringan, sehingga bisa menghemat pengeluaran kita. Bahkan jika kita tangani dengan serius, kita akan mendapat keuntungan ganda, yaitu kita bisa menjual sisa lebih hasil apotik hidup untuk menambah penghasilan keluarga kita.

Dengan menanam apotik hidup dan warung hidup di lingkungan rumah kita, kita bisa mengontrol apa yang kita konsumsi, dalam hal ini asupan bahan kimia berbahaya, setidaknya kita bisa memastikan, bahwa yang kita konsumsi dari hasil apotik hidup dan warung hidup kita tidak terkontaminasi dari bahan kimia berbahaya, karena kita tanam secara organik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : 2 Jenis Tanaman yang Wajib Kita Tanam di Halaman Rumah

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar