Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Monday, 23 September 2013

Berjualan Pop Corn Suamiku dapat Menafkahi Keluarga

Berjualan Pop Corn Suamiku dapat Menafkahi Keluarga - Alhamdulillah Ya Allah, Engkau telah memberiku suami yang bertanggung jawab. Suamiku adalah seorang penjual pop corn keliling, di hiburan-hiburan, seperti hajatan wayang, kuda lumping, organ tunggal, dangdut, dan lain-lain, sementara kalau hari Minggu berjualan di Pantai. Meski ia seorang penjual pop corn yang mungkin bagi sebagian orang itu adalah pekerjaan yang hina, namun bagiku tidak, suamiku tetap nomor satu di dunia ini.

Suamiku berjualan pop corn sejak tahun 2004 hingga sekarang, Alhamdulillah hasil dari dagangnya itu, kami telah bisa membuka warung sembako kecil-kecilan, punya 2 laptop, yang satu untuk ngeblog, yang satu untuk tugas anakku yang SMP kelas III sekarang. Dari hasil dagang pop corn juga Alhamdulillah kami bisa kredit motor sampai 2 unit, Mio Soul untukku berbelanja dagangan warung, dan mega pro untuk suamiku berjualan pop corn.

Mio Soul telah lunas 2 tahun yang lalu, sementara sekarang sedang mengangsur mega pro nya.
Ya Allah, mudah-mudahan Engkau selalu memberi kekuatan kepada suamiku tercinta agar dapat menjalankan tugasnya menafkahi keluarga, amiin.

Berjualan Pop Corn Suamiku dapat Menafkahi Keluarga

Sedikit bocoran tentang usaha suamiku, mudah-mudahan dapat menginspirasi para pembaca:

Analisis usaha pop corn. Asumsi per 1 kg jagung pop corn

Modal:
  1. 1 kg jagung pop corn Rp. 20.000,-
  2. 1/2 kg gula pasir Rp. 6.000,-
  3. 1 ons mentega Rp. 1.000,-
  4. 40 gelas minuman besar berlogo Rp. 14.000,-
  5. Plastik pembungkus, karet pengikat, gas, dan sumpit Rp. 10.000,-
  6. Total modal 20.000 + 6.000 + 1.000 + 14.000 + 10.000 = Rp. 51.000,-
Hasil penjualan:
Asumsi jagung pop corn 1 kg
Setelah dimasak bisa menjadi 40 bungkus
Harga per bungkus Rp. 5.000,-

Berjualan Pop Corn Suamiku dapat Menafkahi Keluarga
Nilai Jual per i kg adalah 40 x 5.000 = Rp. 200.000,-

Dalam setiap kali berjualan, biasanya rata-rata suamiku menghabiskan 2 kg jagung.
Alhamdulillah dapat mencukupi segala kebutuhan keluarga, termasuk kebutuhan kemewahan

Berjualan Pop Corn Suamiku dapat Menafkahi Keluarga

Mohon maaf, bukan berarti sombong

Ini sekedar memberi masukan dan informasi semoga menjadi inspirasi bagi para pembaca, bahwa sesuatu yang kecil ternyata dapat menghasilkan sesuatu yang besar asal ditekuni.

Sekali lagi mohon maaf, bukan niat saya untuk pamer, ini hanyalah sekedar ungkapan rasa syukur yang mendalam atas segala yang telah Allah berikan kepada kami.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Berjualan Pop Corn Suamiku dapat Menafkahi Keluarga

41 comments

Bisa jadi inspirasi.. Usaha besar dimulai dari kecil dulu. KAlau tetap semangat siapa tahu jadi pengusaha besar.

It's really inspired story. Cerita yang menginspirasi. kuncinya adalah tekun dan fokus. Kalau kita mencintai apa yang kita lakukan, maka kita akan menjalaninya dengan senang dan tanpa beban. Nice Post. :)
http://dailybloggerpro.blogspot.com/

1kg untung 150ribu, sehari 2kg = untungnnya 300ribu. 300ribu misal dalam sebulan saya ambil 20 hari. 200 x 20 : 6 Juta dalam sebulan.

Maaf saya tidak bermaksud lancang bermain hitung hitungan disini, tapi jujur diusia yang terbilang masih muda saya sangat - sangat terinspirasi setelah dengan kisah ibu siti. Karena jujur sampai saat ini saya belum bisa menghasilkan apa2 untuk bapak dan ibu saya. Semoga Allah selalu memberikan kelimpahan rizki kepada orang2 yang mau berdoa dan berusaha. :)

Subhanalloh... ikut bangga bu..
semoga keluarga ibu selalu diberi kesehatan..aamiin

semoga jadi pengusaha sukses,,,,

Main ke blog ane ya http://nawayhac.blogspot.com

Saya ikut bangga bu dengan kisah yang dapat di jadikan ispirasi dan semangat untuk semua.

Salam,

Kunjungan lagi. Wah postingan terakhir tanggal 23 September 2013. Masih berjibaku dengan kesibukan ya Bu. HIehiehiehe. Semangads bloggingnya ya. Ditunggu artikel postingan terbarunnya ya Bu. Hidup Ibu. Yihaaaaaaaaaaaaaa

dari sekilas yg sya lihat sih ternyata kreatif juga yah suami mbaak, popcorn nya di kemas dan di buat semenarik mungkin dan tentunya dengan rasa yg enak...

salam kenal mbak heheee

Apapun usahanya kalau digeluti secara serius kemungkinan berhasil sangat besar..
bisa jadi inspirasi bagi yang ingin menggeluti usaha.
terimakasih :)

saya juga baru merintis usaha popcorn bu, tapi pakai gerobak :)

yang namanya usaha itu pakai apa aja gak masalah, namanya saja ikhtiar, yang penting halal, masih mending pake grobag, ada teman saya yang pake pikulan

Keluarga saya bergantung pada usaha suami saya yang salah satunya adalah jualan pop corn keliling, alhamdulillah bisa mencukupi kebutuhan mas.

terus berusaha mas Rahmat Kiki, semoga sukses

makasih kunjungannya

rintisan wirausaha bisa berawal dari apasaj, sangat menginspirasi, makasih bu

domisili dimana bu?
kebetulan saya juga mau buka usaha popcorn di jmber.

Mas Fadhil dari Jember, saya domisili di Kebumen Jawa Tengah Mas

terima kasih share nya mba...aku lagi ngajarin anaku yang paling besar memiliki mental wirausaha...jadi usaha yang menurut aku bisa dilakukan anak-anak (kls 3 SD) ya jualan popcorn...dan selama ini sdh jalan anaku jual ke temen-temen sekolahknya dan temen-temen mainya...dijual murah si...Rp 3.000,- tujuanku disini masih spy anaku belajar bagaimana mendapatkan uang dari usaha yang halal..:)

Rizky itu sudah ada yang ngatur, insyaAllah dengan kerja yang tekun dan ulet rizky itu akan senantiasa kita dapatkan asal jangan lupa untuk sisihkan kepada yang berhak

Bu Siti ...cerita anda merupakan penggugah semangatku untuk buka usaha jualan pop corn, untuk memulainya bagaimana ya terutama untuk alat masaknya, belinya dimana ya?

Bapak, Bapak domisili mana? Saya di Kebumen Jateng
Biasanya suami saya juga melayani Mesin Popcorn kalau ada yang pesen,
Tapi mesinnya bukan buatan pabrik, hanya modifikasi sendiri menggunakan barang-barang bekas.

Alatnya popcorn suami saya sederhana Bapak, terdiri dari:
1. kaca etalase kecil
2. Pansi bekas magic com
3. Dinamo untuk pengaduk
4. alat aduk dari alumunium
5. Accu

Harganya sekitar 3 jutaan Bapak

Aslkm,
teramat luar biasa ibu ini. sebuah contoh keluarga yg sakinah mawaddah warohmah. bersyukur dg apa yg tlh diterimanya.
salut buat Ibu Siti & Keluarga.
Kebumenya mana bu..? saya ingin sharing dg Bapak yg sangat luar biasa semangat & kreatif dg popcornya.
Wassalamu'alaikum.wr.wb

Aslkm,
teramat luar biasa ibu ini. sebuah contoh keluarga yg sakinah mawaddah warohmah. bersyukur dg apa yg tlh diterimanya.
salut buat Ibu Siti & Keluarga.
Kebumenya mana bu..? saya ingin sharing dg Bapak yg sangat luar biasa semangat & kreatif dg popcornya.
Wassalamu'alaikum.wr.wb

Waalaikum salam Mas Sarengat Oka,
Terima kasih atas apresiasinya.

Saya di Tambaharjo Adimulyo Kebumen.

Suami saya bukan apa-apa, dia hanya seorang pedagang keliling biasa yang berusaha memberikan yang terbaik bagi keluarga kami.

Makasih kunjungan dan komentarnya

asalamualaikum, perkenalkan bu nama saya surya saya tinggal di Langkat Sumatera utara, kebetulan saya dan teman saya sedang merencanakan usaha popcorn, tapi dengan modal awal sekitar 6 juta, kira-kira bu dengan modal awal segitu cukup tidak untuk berbisnis popcorn, mohon penjelasan nya bu

Mas Dwisurya Alam
Kalau untuk ukuran kami, uang 6 juta itu lebih dari cukup untuk memulai usaha pop corn, karena alat yang kami gunakan cukup sederhana, yaitu rakitan sendiri berupa:
1. panci dari bekas magic com
2. kompor gas yang dimodifikasi
3. dinamo weper mobil sebagai mixer (pengaduk)
4. kaca etalasi sebagai tempat pop corn yang telah masak
5. accu untuk pemutar dinamo

Dengan uang Rp. 6 jutaan, mas Surya mungkin bisa membeli alat popcorn yang lebih bagus dari pada apa yang suami saya gunakan.

Silahkan mas, jangan nunggu terlalu lama untuk memulai usaha pop corn.

Biasanya jika kita sudah punya niat dan tidak langsung dilakukan, maka ada orang lain yang mendahului melakukannya mas.

Jadi langsung take action mas

Aslkm, sugeng enjang Bu.Siti.Utk daerah kebuman, Purworejo, Prembun dimana sy bs dapatkan jagung popcornya.? maturnuwun.infonya.www

Aslkm, sugeng enjang Bu Siti. Utk daerah Purworejo, Prembun atau Kebumen dimana sy bs dapatkan jagung popcornya..? wassalam.

Pak Sarengat Oka, Waalaikum Salam, Toko yang jual popcorn untuk daerah Purworejo dan Prembun saya kurang tahu.
Kalao yang jual jagung popcorn di daerah kebumen ada di Toko 55 Tugu Lawet ngidul sekitar 500 meter sebelah kanan jalan depan toko Bantong.
Kalau suami saya biasanya membeli jagung popcorn di:
1. toko 55 Kebumen
2. Toko Mulia Gombong Jalan Sempor Lama
3. Toko Aroma Gombong sebelah Utara Pasar Gombong
4. Swalayan Aroma Purwokerto
5. Kalau semua pas kosong biasanya membeli jagung popcorn di Pekalongan di Kecamatan Wiradesa

Aku suka pop corn, sukses terus iya mbak untuk suaminya dan semua keluarga mbak. Salam kenal dari kota tasikmalaya :)

terima kasih telah sharing mbak , semoga tambah sejahtera dan bahagia keluarganya ,.... amin

Yang minat memiliki mesin popcorn Asli buatan Cincinnati - OHIO , USA bisa menghubungi saya di 082141140686 atau lihat di http://olx.co.id/iklan/mesin-pop-corn-asli-buatan-cincinnati-ohio-usa-ID8hqKx.html

Assalamualaikum bu,saya ingin mencoba usaha pop corn tempat jual jagung pop corn yg murah dimana yah minta alamat lengkap tokonya? Mohon infonya makasih

Mas +Bagus Prabowo Waalaikum Salam, Toko yang jual popcorn di daerah kebumen ada di Toko 55 Tugu Lawet ngidul sekitar 500 meter sebelah kanan jalan depan toko Bantong.
Kalau suami saya biasanya membeli jagung popcorn di:
1. toko 55 Kebumen
2. Toko Mulia Gombong Jalan Sempor Lama
3. Toko Aroma Gombong sebelah Utara Pasar Gombong
4. Swalayan Aroma Purwokerto
5. Kalau semua pas kosong biasanya membeli jagung popcorn di Pekalongan di Kecamatan Wiradesa Pasar Wiradesa sebelah selatan jalan raya, nama tokonya lupa saya

Mau tanya bu,jagung popcorn itu apa semuanya import?
Kalau jagung kering pipil lokal biasanya di gunakan utk apa ya?
Bisakah utk popcorn?

Apa popcorn menggunakan jagung khusus import?
Bisakah jagung kering lokal uyk popcorn

Bu Siti Musminah, setahu saya, jagung popcorn yang dipakai suami saya label dalam karungnya asalnya dari luar negeri, seperti Amerika, Afrika, Meksiko, dan Kanada.
Kalau jagung lokal sepertinya tidak bisa untuk popcorn.
Logikanya, kalau jagung lokal bisa untuk popcorn, maka mereka tidak membeli dari luar negeri yang mahal harganya.
Makasih kunjungannya Bu Siti Musminah

Assalamu alaikum Wr Wb, bu Siti... Salam kenal, nama saya Michelle... Saya sedang mencari peluang bisnis yang ok, dan saya tiba2 terpikir tentang popcorn... Saya browsing2 mengenai popcorn, lalu saya melihat tulisan bu Siti... Ingin saya berkomentar, namun setelah melihat bu Siti membuat tulisan ini th 2013, saya tidak jadi berkomentar... Namun besok2nya saya masih aja baca2 tulisan bu Siti, karena bagi saya tulisan ibu sangat menarik... Dan saya baru sadar ternyata ada komen juga di th 2016... Jadi saya lgsg bersemangat dech... Hehee.... :D

Bbrp bln lalu saya pernah jualan bakpao karakter, namun krn saya tidak punya merk yang sah dan juga agar laku banyak per harinya maka harganya pun tidak bisa mahal2, hanya 5000 saja... Sedangkan membuat bakpao itu repot dan makan waktu, dan saya tidak punya karyawan... Jadi saya tidak mampu membuat banyak2, dan keuntungan pun juga ikut2an tidak bisa banyak...

Sekarang saya jual bolu kukus rainbow, modalnya memang sedikit dan untungnya bisa 200%, tapi berhubung harga pasaran bolu kukus itu sangat murah, jadi untungnya ga bisa banyak2... Apalagi untuk membuatnya cukup report dan juga makan waktu, dan juga gas...

Oleh karena itu saya kembali putar otak, dan tiba2 saja saya teringat akan popcorn... Saya browsing2 dan juga mencoba membuat popcorn, tapi hasilnya mengecewakan, karena banyak popcorn yang mengembang namun tetap ada bagian yg keras... Saya berpikir mungkin harus pakai jagung import... Dan setelah saya baca tulisan bu Siti ttg jagung yang baik untuk membuat popcorn, saya semakin sadar kalau seharusnya memang menggunakan jagung import...

Bu Siti, apakah saya boleh ngobrol banyak dengan Ibu dan suami ibu...? Apakah bu Siti dan suami berkenan memberi tutorial pada saya tentang bagaimana cara membuat popcorn yang benar? Dan juga cara yg baik dalam mewarnai popcorn... Jika bu Siti dan suami berkenan, please hubungi saya di no 0895 2016 4847. Tlf, whatsapp, sms, melalui apa saja akan saya sambut dgn senang hati... Saya tunggu kabar dari bu Siti yaa... =) Thank u so much, bu Siti... Wassalamu alaikum Wr Wb...

+MICHELLE MANSON maaf baru balas komen-nya
Salut usahanya gigih banget
Usaha popcorn yang kami jalankan bukan sebuah usaha yang besar, namun hanya usaha kaki lima
Kami jualan popcorn di tempat-tempat hiburan orang hajatan dan tempat wisata (menjajakan sendiri)

Jika MICHELLE MANSON ingin belajar silahkan ke FB suami saya juga boleh (Rinoto Jawa)

Silahkan tanyakan yang MICHELLE MANSON butuhkan, nanti suami saya akan jawab sebisanya.

Makasih dan mampir diblog saya dan makasih komen nya

wah kebumen ya, sy purworejo. klo ketemu sy beli ya, he he he..

Jagung khusus Bu Siti Musminah, jagung lokal gak bisa

iya, beli yang banyak ya Mas Huda

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar