Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Sunday 18 October 2015

Cara Mudah Membuat Fungisida Organik dari Jahe untuk Budidaya Sayuran dalam Karung

Ibu Siti Mahmudah - Cara Mudah Membuat Fungisida Organik dari Jahe untuk Budidaya Sayuran dalam Karung - Dalam budidaya tanaman, para petani sering kali menghadapi gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Gangguan ini berasal dari serangan hama dan serangga, atau organisme lain pengganggu tanaman. Jamur atau fungi adalah salah satu organisme pengganggu tanaman yang menyerang bagian tanaman, hingga mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan.

Jamur pengganggu tanaman bisa menyerang hampir semua bagian tanaman, akar, batang, ranting, daun dan buah. Penyebaran jamur pengganggu tanaman bisa melalui udara, air dan serangga yang membawanya. Bagian tanaman yang terserang jamur pengganggu, jika dibiarkan akan menyebabkan kebusukan hingga kematian tanaman. Penanggulangan atau penanganan dengan cepat akan mampu mencegah terjadinya pembusukan.

Cara Mudah Membuat Fungisida Organik dari Jahe untuk Budidaya Sayuran dalam Karung

Penyemprotan dengan menggunakan fungisida adalah salah satu cara mengendalikan serangan jamur pengganggu tanaman. Namun sebagian besar petani selama ini masih menggunakan fungisida dari bahan kimia. Padahal penggunaan bahan-bahan kimia pada tanaman secara terus-menerus membawa dampak negatif bagi lingkungan dan kehidupan manusia.

Selain fungisida kimia, para petani bisa memanfaatkan beberapa jenis tanaman untuk membuat fungisida nabati. Penggunaan fungisida nabati lebih aman terhadap lingkungan dan tidak meninggalkan residu yang berbahaya. Penggunaan fungisida nabati juga berpengaruh pada produk pertanian yang dihasilkan menjadi lebih sehat dan aman dikonsumsi oleh tubuh manusia.

Jahe adalah salah satu bahan tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk membuat fungisida nabati. Tanaman rempah satu ini sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan minuman atau bumbu penyedap rasa pada masakan. Rimpang jahe juga memiliki banyak manfaat, rasa dan baunya yang khas memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia dan mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Membuat fungisida nabati menggunakan bahan jahe caranya sangat mudah. Bahan baku yang dibutuhkan adalah rimpang jahe dan gula merah dengan perbandingan yang sama. Alat-alat yang dibutuhkan hanya berupa toples plastik, baskom, pisau, karet dan kertas buram atau kertas yang memiliki pori. Bahan dan alat tersebut dengan mudah bisa kita dapatkan dan banyak tersedia di sekitar kita.

Cara Mudah Membuat Fungisida Organik dari Jahe untuk Budidaya Sayuran dalam Karung:
  1. Siapkan bahan jahe dan gula merah dengan perbandingan yang sama atau 1 : 1. Iris jahe dengan pisau menjadi bagian tipis-tipis, kemudian gula merah disisir untuk menjadi lebih halus.
  2. Masukan jahe dan gula merah yang telah diiris ke dalam baskom, kemudian campur dan remas kedua bahan tersebut dengan tangan hingga mengeluarkan air.
  3. Bahan yang telah diremas bersama dengan airnya kemudian dimasukan semua ke dalam toples plastik, tutup toples menggunakan kertas buram atau kertas berpori dan ikat dengan karet.
  4. Simpan toples yang telah tertutup rapat di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung, lama penyimpanan selama 7 hari untuk proses fermentasi secara alami.
  5. Setelah 7 hari buka toples dan lakukan penyaringan untuk memisahkan larutan hasil fermentasi dengan ampas jahenya.

Larutan yang telah disaring siap digunakan dicampur dengan air biasa untuk menyemprot tanaman atau bagian tanaman yang terserang jamur penggangu. Perbandingan campuran setiap 1 cc fungisida nabati dicampur dengan 1 liter air bersih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Cara Mudah Membuat Fungisida Organik dari Jahe untuk Budidaya Sayuran dalam Karung

2 comments

Salam kenal bu.

Saya coba googling ttg Kebumen, muncul nama desa Tambaharjo. Langsung teringat 21 tahun yll (thn 94) KKN-UGM di desa ini selama 2 bulan.

Semoga desa Tambaharjo semakin maju.

Salam,
sadma

Salam kenal juga Bapak Sadma Lastyanta.
Makasih do'anya
Semoga Desa Tambaharjo semakin maju
Amiin

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar