Ibu Siti Mahmudah - Pentingnya PTK bagi Guru dan Siswa Guna Keberhasilan
Pembelajaran – PTK adalah Penelitian Tindakan Kelas, yaitu proses penelitian
sistematis yang dilakukan guru untuk memperoleh informasi tentang bagaimana
guru mengajar dan siswa belajar serta melakukan tindakan untuk memperbaikinya
(Mills, 2000). Schmck (1997) mengemukakan bahwa PTK adalah proses penelitian
yang sistematis dan terencana melalui tindakan perbaikan pembelajaran yang
dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri.
PTK bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru sehingga
kualitas pembelajaran menjadi lebih meningkat. PTK perlu dilakukan oleh para
guru untuk memperbaiki kinerjanya dan meningkatkan hasil belajar siswanya. Menurut
Wardani, dkk., (2005) guru perlu melakukan PTK karena alasan-alasan sebagai
berikut:
- Guru mempunyai otonomi untuk menilai sendiri kinerjanya.
- Temuan berbagai penelitian pembelajaran yang dilakukan oleh para peneliti sering sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran.
- Guru adalah orang yang peling akrab dan paling mengetahui kelasnya.
- Interaksi guru dan siswa berlangsung secara unik.
- Keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru untuk mampu melakukan PTK di kelasnya.
Dengan melakukan PTK, guru memperoleh banyak sekali manfaat,
baik bagi dirinya, siswanya, maupun kelasnya. Menurut Wardani, dkk., (2005)
manfaat PTK bagi guru antara lain:
- Membantu guru memperbaiki pembelajaran.
- Membantu guru berkembang secara profesional.
- Meningkatkan rasa percaya diri guru.
- Memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.
Selain manfaat, PTK juga memiliki kelemahan dan
keterbatasan, yaitu:
- Kesahihan atau faliditasnya yang masih sering disangsikan.
- Tidak dapat melakukan generalisasi karena sampel sangat terbatas.
- Peran guru yang sekaligus bertindak sebagai pengajar dan peneliti sering membuat guru menjadi sangat repot.
Keterbatasan tersebut hendaknya bukan menjadi penghalang
bagi guru untuk melaksanakan PTK tetapi justru menjadi tantangan bagi guru
untuk menemukan berbagai kiat dalam melaksanakan PTK. Salah satu untuk
mengatasi keterbatasan “tidak dapat melakukan generalisasi” adalah dengan
pemberian informasi yang komprehensif tentang kondisi subjek dan lokasi kelas
yang diteliti, di samping berkolaborasi dengan guru lain atau teman sejawat.
Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar