Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Friday 13 May 2016

Menanam Cabe Mudah tapi Banyak yang Ogah

Ibu Siti Mahmudah - Menanam Cabe Mudah tapi Banyak yang Ogah - Mudah dan simpel budidaya cabe yang kami lakukan di halaman dan pekarangan rumah, yaitu ambil cabe matang dari dapur, buka dan tebar bijinya, setelah tumbuh, pindahkan ke pot atau wadah bekas lainnya. Perawatan tinggal siram saja, gunakan air leri cucian beras untuk menyiramnya. Tunggu 2 bulan, maka tanaman cabe akan memberikan hasilnya pada kita.

Semudah itukah?

Ya benar, semudah itu, tinggal bagaimana kitanya, mau atau tidak melakukannya. Kami rasa akan terasa mudah dan ringan jika menanam cabe dilakukan sebagai hobi keluarga.

Berikut ini penjelasan lengkapnya tentang budidaya cabe dalam pot atau polybag di halaman dan pekarangan rumah kita:

Menanam cabe menggunakan pot atau polybag di lokasi sempit atau perkarangan relatif mudah dilaksanakan, apalagi berbasis pertanian organik. Prospek pertanian organik semakin cerah, hal ini disebabkan oleh karena kesadaran konsumen untuk mengkonsumsi sumber makanan yang sehat dan bergizi semakin meningkat dan hasil produksi pertanian organik lebih bermutu dibanding budidaya pertanian yang menggunakan bahan kimia.

1. Pembibitan

Menanam Cabe Mudah tapi Banyak yang Ogah

  • Benih yang telah berkecambah atau bibit cabe umur 10-14 hari (biasanya telah tumbuh sepasang daun) sudah dapat dipindahkan ke tempat pembibitan.
  • Siapkan tempat pembibitan berupa polybag ukuran 8 x 8 cm. masukkan ke dalamnya campuran tanah, sekam, dan kompos.
  • Pindahkan bibit cabe ke wadah pembibitan dengan hati-hati. Pada saat bibit ditanam di polybag/pot, tanah disekitar akar tanaman ditekan-tekan agar lebih padat dan bibit berdiri tegak. Letakkan bibit di tempat teduh dan disirami secukupnya untuk menjaga kelembabannya. Pembibitan ini untuk meningkatkan daya adaptasi dan daya tumbuh bibit pada saat pemindahan di tempat terbuka.
  • Bibit bisa ditanam di polybag setelah berumur 21 hari.


2. Penyiapan Media Tanam Pot atau Polybag

Menanam Cabe Mudah tapi Banyak yang Ogah

  • Siapkan Polybag tempat penanaman berukuran 35 cm x 35 cm.
  • Buat media tanam dengan campuran tanah, pupuk kompos, dan arang sekam atau sekam mentah dengan perbandingan 2:1:1 sebanyak yang dibutuhkan. penggunaan sekam bertujuan untuk memperbaiki drainase sehingga air tidak tergenang dalam polybag.
  • Masukkan campuran media tanam ke dalam polybag setinggi 3/4 dari volume polybag.

3. Penanaman

Menanam Cabe Mudah tapi Banyak yang Ogah

  • Bibit yang telah berumur 21 hari sudah siap ditanam dalam polybag atau pot.
  • Pilih bibit cabe yang baik yaitu yang pertumbuhannya tegak, warna daun hijau, tidak cacat atau terkena hama penyakit.
  • Siapkan polybag yang akan ditanami, padatkan permukaan media tanah, siram dengan air lalu letakkan di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung.
  • Wadah media bibit dari plastik harus dibuka dulu sebelum ditanam. Hati-hati supaya tanah yang menggumpal akar tidak lepas.
  • Waktu penanaman pada pagi atau sore hari untuk mengurangi penguapan.
  • Bibit ditanam sebatas pangkal batang dengan posisi tegak lurus, tanah di sekitar batang dipadatkan agar perakaran lebih kuat kemudian dilakukan penyiraman.

4. Pemeliharaan

Menanam Cabe Mudah tapi Banyak yang Ogah

  • Pemangkasan; dilakukan terhadap tunas samping yang muncul sebelum pembungaan agar tanaman tumbuh besar terlebih dahulu. Lakukan Perempelan daun-daun tua, bunga pertama dan seluruh tunas yang keluar dari ketiak daun dibawah percabangan pertama.
  • Penyiraman; Apabila tidak ada hujan, penyiraman dilakukan setiap hari sampai umur 2 minggu, setelah itu penyiraman cukup dilakukan 2-3 kali seminggu atau sesuai dengan kondisi kelembaban tanah. Penyiraman tanaman sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum jam 09:00 pagi, karena pada siang hari tanaman banyak membutuhkan air untuk proses fotosintesis.
  • Pemupukan; Setelah usia 1-2 minggu semprot dengan pupuk NPK Organik Cair.
  • Pengendalian hama; hama yang dominan menyerang adalah kutu daun, thrips, dan lalat buah sedangkan penyakit yang timbul diantaranya layu bakteri dan virus mozaik yang menyebabkan stagnasi dan kematian tanaman.
  • Adapun pengendalian yang bisa dilakukan dengan menyemprot tanaman dengan pestisida organik hasil fermentasi daun pepaya, daun sirsak, dan sedikit tembakau. Penyemprotan dilakukan 3 hari sekali sejak tanaman dipindahkan.

5. Masa Panen dan Pemetikan

Menanam Cabe Mudah tapi Banyak yang Ogah

  • Pada umur 60 hari setelah tanam, cabe dalam polybag sudah masuk fase generatif yaitu mulai berbunga dan pematangan buah sampai umur 70 hari setelah tanam. Panen pertama dilakukan pada umur 75-80 hari kemudian panen berikutnya setiap 3-4 hari sekali atau sesuai dengan kondisi buah.
  • Pemetikan dilakukan dengan hati-hati agar percabangan atau tangkai tanaman tidak patah.

Ternyata menanam cabe dalam polybag cukup mudah dilaksanakan dan tidak memerlukan biaya yang besar. Begitu pula tanaman terong, tomat, dan sebagainya. Caranya tidak jauh bebeda dengan keterangan di atas.

Budidaya seperti ini merupakan salah satu upaya kita memanfaatkan lahan pekarangan rumah atau lahan di sekitarnya yang masih kosong, di samping untuk memenuhi kebutuhan keluarga sekaligus memperindah halaman rumah. Apabila dilakukan di areal yang luas, tanaman cabe dan lain-lain bisa menjanjikan peluang bisnis yang cukup baik, selain menjual hasilnya juga bisa menjual benihnya.

Jangan lupa baca juga:

Demikian Menanam Cabe Mudah tapi Banyak yang Ogah, selamat mencoba semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Menanam Cabe Mudah tapi Banyak yang Ogah

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar