Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Saturday 9 August 2014

Sebutkan Manfaat Mempelajari Ilmu Kesehatan

Sebutkan Manfaat Mempelajari Ilmu Kesehatan! - Ilmu kesehatan sebagai ilmu pengetahuan terapan (applied science) yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan usaha manusia untuk selalu dalam keadaan sehat. Ilmu kesehatan pada dasarnya berbeda dengan ilmu kedokteran.

Perbedaan ilmu kesehatan dengan ilmu kedokteran adalah sebagai berikut: Ilmu kedokteran lebih berorientasi pada penyembuhan penyakit, sedangkan ilmu ilmu kesehatan lebih luas mencakup juga pengobatan, pencegahan, dan pemulihan.

Banyak aspek yang harus dilakukan oleh seseorang agar dapat hidup. Setidak-tidaknya memahami bagaimana dia mengelola kehidupannya, rohani dan jasmani agar sehat dan pada gilirannya, hidupnya berkualitas. Perilaku orang yang sehat agar tetap sehat dan meningkat disebut perilaku sehat, yang mencakup perilaku-perilaku dalam mencegah atau menghindar dari penyakit dan penyebab penyakit/masalah, atau penyebab masalah kesehatan, perilaku dalam mengupayakan meningkatnya kesehatan.

Sebutkan Manfaat Mempelajari Ilmu Kesehatan

Berikut ini contoh perilaku hidup sehat, antara lain:
  1. makan dengan gizi seimbang
  2. olahraga teratur
  3. tidak merokok dan minuman minuman keras
  4. menghindari gigitan nyamuk
  5. menggosok gigi setelah makan
  6. cuci tangan pakai sabun sebelum makan
Hakekat belajar ilmu kesehatan, menurut UNESCO (Delors, 1997), mencakup 4 (empat) tingkatan atau tujuan yaitu: pilar utama yang harus dilakukan dalam semua proses pendidikan adalah:
  1. Belajar untuk mengetahui (learning to know)
  2. Belajar untuk berbuat (learning to do)
  3. Belajar untuk menjadi (learning to be)
  4. Belajar untuk hidup bersama (learning to live together)
Manfaat menerapkan gaya hidup sehat banyak sekali. Salah satu perwujudan dan penerapan dari belajar ilmu kesehatan adalah terwujudnya pribadi yang memiliki pengetahuan, ketrampilan tentang kesehatan, dan terbentuknya sikap hidup yang dikenal dengan gaya hidup sehat. Banyak aspek yang harus dilakukan oleh seseorang setidak-tidaknya memahami bagaimana dia mengelola kehidupannya, rohani dan jasmani agar sehat dan pada gilirannya menyebabkan hidup yang berkualitas.

Perilaku orang yang sehat agar tetap sehat dan kesehatannya meningkat disebut perilaku sehat, yang mencakup perilaku-perilaku dalam mencegah atau menghindar dari penyakit dan penyebab penyakit/masalah, atau penyebab masalah kesehatan, serta perilaku dalam mengupayakan meningkatnya kesehatan. Sebagai contoh adalah makan dengan gizi seimbang, olahraga teratur, tidak merokok dan minuman minuman keras, menghindari gigitan nyamuk, menggosok gigi setelah makan, cuci tangan pakai sabun sebelum makan dan sebagainya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Sebutkan Manfaat Mempelajari Ilmu Kesehatan

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar