Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Thursday 20 November 2014

2 Tips Cara Mengembangkan Potinsi Diri

2 Tips Cara Mengembangkan Potinsi Diri - Manusia sebagai pribadi mempunyai potensi yang bisa
dikembangkan agar menjadi pribadi-pribadi yang menyenangkan bagi orang lain/pelanggan, oleh karena itu diperlukan:

1. Mengenal diri sendiri

Suatu analisis yang benar terhadap diri sendiri akan dapat membawa keuntungan dan faedah dalam hal:
  • Tidak menjadi manusia yang egois.
  • Meningkatkan kemampuan dan inisiatif dalam berbagai hal.
  • Memiliki hubungan secara pribadi denga orang lain.
  • Mengembangkan pribadi kearah yang lebih baik.
  • Membentuk pribadi yang loyal dan saling membutuhkan.
2. Mengetahui Potensi Pribadi
 
Sebagai manusia kita mempunyai potensi, dengan potensi ini orang selalu dinamis dan bersemangat, yaitu mempunyai motivasi dan dorongan yang kuat untuk bekerja keras serta melakukan tugas yang berkesinambungan. Potensi manusia akan luntur bila tidak diaktifkan dan digerakkan.

2 Tips Cara Mengembangkan Potinsi Diri

Orang yang mengenal dirinya dan mengetahui potensi dirinya adalah orang-orang yang memiliki:
  1. Jiwa pengabdian, orang seperti ini tidak pernah menolak tugas yang dibebankan kepadanya. Sebagian besar waktu dan pikirannya dicurahkan untuk meningkatkan usaha dibidang pekerjaannya, serta jarang sekali mengenal lelah.
  2. Andal dalam kejujuran, kejujuran dapat diukur melalui tindakan, perbuatan dan tingkah laku, tidak dinilai dari ucapan. Ucapan dengan perbuatan harus sesuai.
  3. Nalar kesadaran yang baik, orang memiliki kesadara yang tinggi adalah orang yang memiliki pangdangan dan penilaian yang baik terhadap kekurangan dan kelemhnnya, sehingga dia mempunyai kepercayaan diri dan selalu melaksanakan tugas-tugasnya serta dapat mengendalikan diri.
  4. Gemar menghargai orang lain, setiap gerak seseorang harus mempunyai tujuan. Tujuan yang serasi menimbulkan motivasi kegairahan dalam melaksanakan tugas. Dalam mencapai setiap tujuan mka setiap orang wajib memiliki rasa menghargai yaitu saling menopang dan saling menghargai agar segala gerak langkah penuh gairah dan menyenangkan.
  5. Niat untuk memupuk rasa percaya diri, yaitu orang yang tidak terpengaruh oleh segala gosip tau hasutan/fitnahan orang lain, orang ini akan mudah melihat dan mengenal pikiran dan ide-ide orang lain yang berharga.
  6. Refleksi kesabaran yang tinggi; kesabaran merupakan sumber keberhasilan dan dengan kesabaran seseorang dapat memberikan kesempatan kepada orang lain untuk memberikan pertimbangan atas masalah yang dihadapi dan memberikan kesempatan pada diri sendiri mengolah masalah yang dihadapi.
  7. Antusias dengan kepribadian yang utuh, orang yang dapat mengendalikan pribadi dan energinya yang mantap dan berhasil bagi dirinya, tidak peduli pekerjaan apa yang dilakukan dalam kehidupan ini.
  8. Gigih dalam prinsip, kepribadian menjadi dewasa adalah perasaan hati yang kuat dalam suatu prinsip.
  9. Utama dalam disiplin, disiplin mengajarkan setiap individu untuk tunduk dan bersedia mengikuti aturan-aturan tertentu dan menjauhi segala larangan yang ada. Disiplin diri sendiri hanya akan tumbuh dalam suatu suasana dimana antara individu akan terjalin sikap persahabatan yang berakar dengan dasar saling hormat menghormati dan saling percaya mempercayai.
Jangan lupa baca juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : 2 Tips Cara Mengembangkan Potinsi Diri

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar