Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Sunday 15 May 2016

Tanaman Tomat Umur 5 Minggu Mulai Berbunga Diberi Penopang Bambu

Ibu Siti Mahmudah - Tanaman Tomat Umur 5 Minggu Mulai Berbunga Diberi Penopang Bambu - Salah satu sayuran yang kami tanam di pekarangan rumah adalah tomat. Buah yang berjenis sayuran ini sangat kami gemari, baik untuk bumbu masak, maupun untuk sayur. Tomat memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Oleh karena itu, tanaman tomat selalu turut mengisi pekarangan kami. Selain banyak manfaatnya, tomat juga mudah sekali ditanam, tidak memerlukan syarat khusus untuk tumbuh, mudah perawatannya, dan minim hama dan penyakitnya.

Benih tomat kami sediakan sendiri, yaitu memilih tomat yang matang sempurna, bentuknya bagus, dan besar ukurannya. Tomat yang seperti itu biasanya kami gunakan untuk bibit.

Tomat dibelah, ambil bijinya, kemudian disemai dalam pot dengan media tanam campuran tanah pekarangan dan kompos.

10 sampai 15 hari setelah semai, bibit tomat siap dipindahkan ke media tanam, baik langsung ke tanah, maupun menggunakan wadah, seperti pot, polybag, atau wadah-wadah bekas yang ada di rumah kita.

Tanaman Tomat Umur 5 Minggu Mulai Berbunga  Diberi Penopang Bambu

Tomat akan semakin bagus manfaatnya ketika ditanam secara organik, sehingga tidak terkontaminasi bahan kimia, jadi kandungan gizi dan zat-zat pentingnya akan semakin bagus untuk tubuh kita.

Apa saja sih manfaat tomat itu?

Berikut ini beberapa manfaat tomat yang kami peroleh dari berbagai sumber:

1. Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Menurut penelitian tomat yang dikombinasikan dengan manfaat brokoli saling bersinergi dan dapat membantu mengurangi kanker. Dalam penelitian tersebut memberikan hasil bahwa tumor prostat tumbuh lebih lambat pada tikus yang diberi makan tomat dan bubuk brokoli dibandingkan pada tikus yang diberikan likopen sebagai suplemen atau hanya makan brokoli atau tomat saja.

Kandungan Likopen

Hasil Penelitian University of Montreal menunjukkan bahwa diet yang kaya akan tomat dapat membantu mengurangi risiko kanker pankreas. Para peneliti menemukan bahwa kandungan likopen (kandungan utama pada tomat) dikaitkan dengan penurunan 31% risiko kanker pankreas pada laki-laki dengan asupan tertinggi dan terendah zat tersebut. Kandungan ini lebih banyak terdapat pada tomat-tomat yang sudah dimasak.

2. Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Tomat mengandung antioksidan yang sangat kuat, yaitu beta karoten (menjaga fungsi vitamin A dalam tubuh) seperti pada manfaat wortel. Vitamin A yang disediakan oleh tomat dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan membantu mencegah rabun senja. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah kondisi mata yang serius dan tidak dapat diobati.

3. Dapat Menambah ASI

Ibu menyusui membutuhkan makanan yang mampu meningkatkan produksi SI seperti manfaat daun katuk. Namun tomat juga bisa menjadi alternatif lain, untuk meningkatkan konsentrasi likopen ASI. Dalam hal ini, tomat yang telah dimasak akan memberikan hasil yang terbaik. Karena para peneliti menemukan bahwa produk tomat seperti saus tomat memberikan peningkatan konsentrasi likopen dalam ASI lebih dari tomat segar.

4. Dapat Menurunkan Berat Badan

Tomat dapat membantu menurunkan berat badan sebagai menu diet, yang dibuat dengan rencana olahraga yang juga harus dilakukan. Mengkonsumsi banyak tomat ke dalam makan sehari-hari dengan membuatnya sebagai camilan seperti salad, casserole, sandwich dan makanan lainnya. Karena tomat mengandung banyak air dan serat, sehingga menjadi salah satu makanan yang dapat mengisi perut dengan cepat, tanpa menambahkan resiko penambahan kalori atau lemak di dalamnya.

5. Dapat Mengurangi Rasa Sakit

Jika kemungkinan anda sering mengalami rasa nyeri, seperti arthritis atau nyeri punggung), tomat dapat meringankan rasa sakit ini. Kandungan bioflavonoid dan karotenoid, merupakan zat anti inflamasi yang mampu mengatasi peradangan. hal ini termasuk juga pada peradangan yang terjadi pada penyakit kronis yang biasanya membutuhkan obat untuk melawan rasa sakit (anti inflamasi).

6. Menyehatkan Jantung

Kandungan potasium dapat membantu tubuh menjaga kesehatan jantung selain itu kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam sebuah tomat sangat penting untuk jantung. Jenis asupan kalium dan dikombinasikan dengan diet rendah natrium dapat membantu menghindarkan kita dari penyakit akrdiovaskular.

7. Dapat Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Mengurangi sodium merupakan salah satu langkah dalam mencegah penyakit hipertensi, namun meningkatkan asupan potasium sangat penting untuk membantu dalam mencegah terjadinya tekanan arah tinggi.

8. Dapat Menjaga dan Mempercantik Kulit

Dan masih segudang manfaat lainnya.

Tanaman Tomat Umur 5 Minggu Mulai Berbunga  Diberi Penopang Bambu

Oleh karena itu, melalui blog ini kami mengajak para pembaca sekalian untuk mulai menanam tomat dan sayuran lainnya di pekarangan dan halaman rumah, daripada hanya sekedar ditanami bunga saja.

Selain manfaat konsumsi dan kesehatan di atas, kami juga merasakan manfaat secara psikologi, yaitu dapat mengurangi lelah dan stress ketika memandangnya.

Seperti video berikut ini, yaitu tentang tanaman tomat yang sedang-subur-suburnya umur 5 minggu mulai berbunga. Kami menikmati kesuburannya dan bercengkrama dengan tanaman tomat ini setiap merawatnya, termasuk pada pemberian penopang dari bambu ini agar tanaman tomat dapat berdiri tegak, sehingga dapat berbuah maksimal.

Berikut ini videonya:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Tanaman Tomat Umur 5 Minggu Mulai Berbunga Diberi Penopang Bambu

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar