Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Sunday 15 May 2016

Panen Caisim Dijual ke Pedagang Mie Ayam Pangsit

Ibu Siti Mahmudah - Panen Caisim Dijual ke Pedagang Mie Ayam Pangsit - Seperti yang diharapkan oleh para petani lainnya, panen adalah saat-saat paling bahagia bagi kami. Meskipun tidak banyak, ini sudah membuktikan bahwa pekarangan yang dimanfaatkan dengan baik dapat menghasilkan sesuatu yang berguna, bahkan bisa menghasilkan uang.

Seperti yang kami lakukan di sebelah barat rumah, pada areal 4 x 6 meter tersebut kami letakkan karung bekas yang berisi media tanam berbaris sebanyak 100 karung. Pada masing-masing karung kami tanami dengan 2-4 tanaman caisim.

25-30 hari setelah tanam, caisim kami panen. Memang belum maksimal hasinya, dari 100 karung kami mendapat 10 kg caisim. Hasil panen kami jual Rp. 4.000,- per kg. Harga di pasar Rp. 4.500,- per kg. Dari penjualan tersebut kami mendapatkan uang sebanyak Rp. 40.000,-

Hasilnya lumayan untuk tambahan uang belanja. Selain yang dijual, kami juga bisa memetik caisim untuk konsumsi sendiri.

Panen Caisim Dijual ke Pedagang Mie Ayam Pangsit

Sistem budidaya yang kami lakukan adalah organik, tanpa bahan kimia, sehingga hasilnya adalah sayuran yang sehat bebas dari bahan kimia.

Jika dibandingkan dengan hasil panen caisim yang menggunakan pupuk kimia memang jauh sekali, caisim kami dalam 1 kg berisi 12-17 tanaman, sedangkan caisim yang dipupuk dengan pupuk kimia, 1 kg paling terdiri dari 8-12 tanaman saja.

Tujuan awal kami budidaya caisim adalah untuk memenuhi kebutuhan sayuran yang sehat bagi keluarga kami, namun karena hasilnya lebih maka kami coba tawarkan ke pedagang, kebetulan tetangga kami ada yang berdagang mie ayam.

Panen Caisim Dijual ke Pedagang Mie Ayam Pangsit

Kami coba tawarkan ke beliau (Bapak Sutarno dan Ibu Muti) ternyata mau membeli. Katanya kalau beli di pasar harganya Rp. 4.500,- per kg. Ya sudah saya kasih harga Rp. 4.000,- per kg saja, itupun masih kami beri bonus tambahan.

Dengan menanam caisim iseng saja sudah bisa menghasilkan, apalagi jika dilakukan dengan serius dan secara intensif, niscaya hasilnya akan lebih melimpah.

Jangan lupa tonton videonya ya, hasil panen caisim kami. Itu ibu Muti penjual Mie Ayam langsung memetik sendiri caisimnya.



Demikian Panen Caisim Dijual ke Pedagang Mie Ayam Pangsit, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Panen Caisim Dijual ke Pedagang Mie Ayam Pangsit

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar