Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Friday 6 February 2015

10 Hal yang Harus Kita Pahami dalam Mendidik Anak

Ibu Siti Mahmudah - 9 Hal yang Harus Kita Pahami dalam Mendidik Anak - Tanggung jawab orang tua terhadap anak bukan sekedar memberikan kebutuhan jasmani seperti makan dan sandang, melainkan ada satu kebutuhan yang sangat penting untuk menunjang masa depan anak, yaitu pendidikan.

Kita harus memberikan pendidikan untuk anak kita yang tepat. Bagaiman jika kita tidak bisa? Maka kita serahkan kepada ahlinya, yaitu institusi pendidikan. Apakah semua institusi pendidikan itu baik? Sudah jelas semuanya baik, namun kita harus selektif, agar apa yang kita inginkan terhadap anak kita bisa terwujud. Semisal kita ingin anak kita memiliki agama yang kuat, ya tentu saja kita harus memasukkan anak ke sekolah yang besiknya agama.

10 Hal yang Harus Kita Pahami dalam Mendidik Anak

Berikut ini ada 9 Hal yang Harus Kita Pahami dalam Mendidik Anak:
  1. Anak jangan dibanding-bandingkan, karena anak memiliki potensi yang berbeda satu sama lain. Anak ingin merdeka supaya dapat berkreasi dan berkarya. Biarlah sekolah menjadi tempat yang mendatangkan inspirasi bagi anak kita (pendekatan belajar human approach).
  2. Jangan memaksa anak untuk belajar apapun. Ajarkan segala sesuatu dalam bentuk nyanyian. Tanpa disadari, anak akan suka juga dengan yang kita ajarkan melalui nyanyian. (pendekatan belajar habit forming).
  3. Belajar pada umumnya disampaikan dengan membawa apa yang dipelajari ke dalam kelas, namun akan lebih efektif jika anaklah yang kita bawa ke tempat sesungguhnya apa yang akan dibelajarkan. Misal, anak akan belajar tentang pohon, maka jangan pohon yang dibawa ke kelas, melainkan anak yang diajak keluar untuk berinteraksi kepada pohon.
  4. Untuk anak usia balita membutuhkan gerakan yang bebas. Tubuh anak butuh bergerak secara dinamis karena masih dalam masa pertumbuhan.
  5. Ajarkan anak untuk bersedakah kepada temannya, misalnya berbagi makanan ringan. Manfaatnya untuk membentuk jiwa kepemimpinan, jiwa sosial, dan mengetahui mana makanan yang bergizi, sehat, dan aman.
  6. Ajarkan tentang kebersiahan dan kesehatan. Jika baju kotor, wajibkan untuk mengganti baju. Karena kotoran yang menempel pada baju, misal keringat, makanan, dan debu akan menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan gatal dan penyakit.
  7. Biasakan anak untuk tidur siang. Tubuh anak butuh istirahat, terutama masa balita, agar tenaga tidak terforsir.
  8. Ajarkan anak untuk beribadah sedini mungkin. Ajarkan untuk berwudhlu, biarkan anak bermain air terlebih dahulu, sedikit demi sedikit anak akan belajar dengan sendirinya. Tanamkan juga niat sungguh-sungguh dalam beribadah, meski awalnya anak belum bisa konsentrasi.
  9. Selain belajar membaca huruf latin, ajarkan juga belajar huruf arab. Jadikan kebiasaan agar melekat pada hati dan tidak mudah luntur.
  10. Ajarkan anak untuk bertutur kata yang lembut dan tidak keras/membentak agar memiliki sifat kasih sayang terhadap sesamanya.

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+
    Tags :

    Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

    Related : 10 Hal yang Harus Kita Pahami dalam Mendidik Anak

    Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar