Info Pertanian Warung Hidup, Apotik hidup, Peluang Usaha, Pendidikan, dan kesehatan

Saturday 20 September 2014

Apa Tujuan dan Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini

Apa Tujuan dan Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini - Sebagai orang tua yang memiliki anak usia di bawah 6 tahun dan menyekolahkan anaknya pada sekolah PAUD, kita perlu mengetahui, apa sih sebenarnya tujuan dan fungsi pendidikan anak usia dini itu, agar kita bisa membantu mendukung keberhasilan anak kita.

Pendidikan anak  usia dini memiliki fungsi utama, yaitu mengembangkan semua aspek perkembangan anak yang meliputi:
  1. perkembangan kognitif
  2. perkembangan bahasa
  3. perkembangan fisik (motorik kasar dan halus)
  4. perkembangan sosial
  5. perkembangan emosional
Penelitian tentang pendidikan anak usai dini telah banyak dilakukan. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang sangat kuat antara perkembangan yang dialami anak pada usia dini dengan keberhasilan mereka dalam kehidupan selanjutnya.

Sebagai misal, anak-anak yang hidup dalam lingkungan (baik di rumah maupun di KB atau TK) yang kaya interaksi dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar akan terbiasa mendengarkan dan mengucapkan kata-kata dengan benar, sehingga ketika mereka masuk sekolah, mereka sudah mempunyai modal untuk membaca.

Berdasarkan fungsi pendidikan anak usia dini tersebut, tujuan pendidikan anak usia dini adalah sebagai berikut:
  1. Memberikan pengasuhan dan pembimbingan yang memungkinkan anak usia dini tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan potensinya.
  2. Mengidentifikasi penyimpangan yang mungkin terjadi, sehingga jika terjadi penyimpangan, dapat dilakukan intervensi dini.
  3. Menyediakan pengalaman yang beranekaragam dan mengasyikkan bagi anak usia dini, yang memungkinkan mereka mengembangkan potensi dalam berbagai bidang, sehingga siap untuk mengikuti pendidikan pada jenjang sekolah dasar (SD).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Apa Tujuan dan Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar